Kamis, 25 Juni 2009

rangkuman

Filsafat adalah ilmu yang mencintai dan mencari kebijaksanaan
Filsafat islam adalah hasil pemikiran filusuf tentang ajaran ketuhanan, kenabian, manusia, dan alam yang disinari ajaran islam dalam suatu aturan pemikiran yang logis dan sistematis.
Sejarah singkat timbunlanya filsafat islam, cara pemikiran secara teknis muncul pada masa permulaan jayanya dinasti Abbasiyah. Di bawah pemerintahan Harun al-rasyid, dimulailah penterjemahan buku-buku bahasa yunani nke dalam bahasa arab.
Tujuan mempelajarinya ialah mencintai kebenaran dan kebijaksanaan. Manfaatnya:
Dapat menolong dan mendidik, membangun diri sendiri untuk berfilsafat lebih dalam dan menyadari bahwa ia makhluk tuhan. Dapat memberikan kebiasaan dan kepandaian untuk melihat dan memecahkan persoalan.
Objek filsafat yakni untuk mewujudkan dari yang ada menjadi ada.
Plato: 427-347. Filsafatnya”pengetahuan yang ada”
Aristoteles:382-322SM. Filsafatnya”pengetahuan yang terkandung di dalamnya metafisika”
Cabang-cabang filsafat:
Al-kindi: at-tobi’iyah (Fisika) sebagai tingkat dasar., ar-riyadhiyat (berdiri sendiri) sebagai tingkat menegah, ilmu ketuhanan (tingkat tinggi).
Al-farabi,:filsafat teori (kajiannya tanpa bukti). Filsafat amalan (kajiannya dengan pembuktian termasuk akhlak dan ilmu politik). Filsafatnya (kajiannya berfikir), menurutnya agama “kajian berfikir dan wahyu dank e dogma”
Ikhwanu shofa: matematika ‘cabang dari filsafat. Logika ‘berfikir’. Fisika ‘zat-zat’ . menurutnya filsafat ketuhanan dibagi 2 : wahyu (oleh malaikat ke nabi), dan keakhiratan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar